RSS

Membuat Dasar Visual di Netbeans 7.3



Tujuan dari mempelajari  Dasar Visual ini adalah
a)      Mahasiswa mengenali jenis jenis GUI-Form yang ada pada java swing.
b)       Mahasiswa mampu membuat aplikasi dengan menggunkan GUI-Form dengan mudah dan cepat.
c)        Mahasiswa mampu mengatur penempatan container di dalam java GUI-Form sehingga menghasilkan look and Feel yang menarik.
d)       Mahasiswa mampu menggunakan property yang di sediakan untuk mengatur GUI-Form yang telah di buat agar tepat guna.

Dasar Teori

1.       GUI (Graphical User Interface)
Graphical User Interface atau GUI adalah metoda interaksi secara grafis antara pengguna dan komputer. Selain itu GUI juga merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer. Java GUI adalah bahasa pemrograman komputer yang telah menggunakan metoda interaksi secara grafis antara pengguna dan komputer. Java menyediakan banyak tool seperti Abstract Windowing Toolkit (AWT) dan Swing untuk mengembangkan aplikasi GUI yang interaktif. Pada praktikum ini, kita akan menggunakan komponen-komponen dari java swing, walaupun nantinya sangat memungkinkan kita juga akan menggunakan komponen dari java awt dan mengkombinasikan dengan komponen java swing yang sudah kita pakai.


2.       Java Swing
Pada awalnya kata swing digunakan untuk menyebut proyek yang mendevelop komponen- komponen baru dalam bahasa pemograman java, oleh karena komponen pada java swing banyak di kembangkan dari komponen yang sebelumnya yaitu java awt (Abstract windowing toolkit).Secara garis besar komponen swing dapat di rangkum sbb:




Tabel 1 . Komponen Swing
Jika kita buat perbandingan komponen yang sebelumnya ada pada java AWT dan java swing dapat di lihat dari gambar berikut :

Gambar 1. Komponen Swing yang juga dimiliki komponen AWT



Berikut ini daftar komponen swing yang tidak terdapat pada komponen AWT



Gamabar 2. Komponen Swing yang tidak dimiliki oleh komponen AWT

3.       Netbeans
Netbeans merupakan lingkungan pengembang pemogram java yang biasa disebut IDE(integrated development environment) yang paling bagus dalam mengelola GUI. NetBeans disponsori Sun Microsystems karena penggunaanya yang cukup mudah dan handal banyak yang berpendapat bahwa netbeans merupakan IDE terbaik saat ini jika dilihat dari sudut pandang pengelolaan grafik user interface. Apakah ada IDE lain yang sebaik netbeans ? Jawbnya ada. Berikut IDE yang terkenal pada saat ini :

·         Dr. Java, program gratis yang dikembangkan oleh Universitas Rice, Amerika Serikat
·         BlueJ, program gratis yang dikembangkan oleh Universitas Monash, Australia
·         IntelliJ IDEA (commercial)
·         Oracle JDeveloper (free)
·         Xinox JCreator (ada versi berbayar maupun free)
·         Eclipse JDT (open source- Eclipse Public License)

Eclipse dibuat dari kerja sama antara perusahaan-perusahaan anggota 'Eclipse Foundation' (beserta individu-individu lain). Banyak nama besar yang ikut dalam 'Eclipse Foundation', termasuk IBM, BEA, Intel, Nokia, Borland. Eclipse bersaing langsung dengan Netbeans IDE. Plugin tambahan pada Eclipse jauh lebih banyak dan bervariasi dibandingkan IDE lainnya.



0 komentar:

Posting Komentar