RSS

Pemrograman Visual dengan Java

Pemrograman Visual

- Pemrograman Visual adalah metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara membuat gambar, menunjuk, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur.

- Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum.

- Dalam pengeksekusian kode programnya , pemrograman visua lmerupakan konsepevent-driven , yaitu pengeksekusian yang didasarkan atas kejadian (event) tertentu.

-Setiap kejadian tersebut mempunyai kode program sendiri yang disimpan dalam sebuah fungsi  . Berbeda dengan pemrograman terstruktur atau procedural yang mengeksekusi kode-kode programnya mulai dari awal sampai akhir program secara beruntun.

Java

Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer dalam kekuatannya dalam mendukung pemrograman berorientasi objek, yang kemudian menjadi referensi utama yang sering digunakan oleh programmer dalam membangun aplikasi berbasis OOP.

- Untuk lebih mempermudah implementasi pemrograman berorientasi objek tersebut, dalam java dikembangkan komponen-komponen yang memungkinkan untuk membangun aplikasi berbasis pemrograman visual dengan menggunakan objek-objek visual dalam Java.

- Objek –objek visual java dikenal juga dengan sebutan java GUI (Graphical User Interface).

GUI(Graphical User Interface)
- MENGAPA GUI?
1. Menarik
2. User Friendly
3. Dapat berinteraksi dengan peralatan seperti mouse, keyboard dan peralatan lainnya.

Komponen Visual dalam Pemrograman Java
- javax.swing
- java.awt.

1. Javax.swing


2. Java.awt


0 komentar:

Posting Komentar