RSS

Pengaturan Manajemen User dan Login

Untuk Membuat form registrasi kita harus membuat inputan untuk user . Untuk membuat form registrasi kita lihat pada desain database kita :


Fokus kita sekarang adalah untuk melengkapi data pada table user, dimana table ini nanti kita gunakan sebagai login ke sistem dan untuk mendeteksi siapa yang sedang melakukan transaksi di dalam sistem kita.

Di samping inputan user baru, dalam form ini juga kita sediakan reset password, fungsi ini kita gunakan jika ada user yang lupa dengan password-nya.


Yang perlu di perhatikan dalam management user adalah password dari setiap user harus benar-benar di lindungi, artinya : tidak boleh ada yang tau password user walaupun kita bertindak sebagai admin, solusi untuk permasalahan ini password harus kita enkripsi salah satunya adalah menggunakan MD5. Contoh penggunaan MD5 untuk enkripsi password dalam kasus di atas :


Untuk reset password,contoh kode-nya :



Setelah Kita membuat Manajemen User , selanjutnya kita membuat Form Login nya.



Form login digunakan untuk validasi apakah user yang login sudah terdaftar di dalam database user, jika tidak maka login di tolak :



jika username dan password yang di inputkan oleh user tidak ditemukan dalam database maka variable level=””, yang artinya query ini tidak menghasilkan nilai karena nilai dari level selalu 0 atau 1, dimana 0=admin, 1=user biasa. Untuk kode yang bewarna merah digunakan untuk mendeteksi user login sebagai admin atau karyawan biasa, dimana jika admin sistem mengirimkan nilai 0 ke formMenu, dan mengirimkan nilai 1 jika karyawan biasa.





Membuat Definisi Login Admin atau Karyawan ke dalam FormMenu
Ada beberapa cara untuk menyajikan FormMenu apakah user sebagai Admin atau tidak,diantaranya adalah dengan memanggil FormMenu yang berbeda sesuai dengan fungsi dan hak akses user.tetapi dalam contoh ini akan saya jelaskan penyajian FormMenu dengan mengkondisikan satu FormMenu dengan berbagai hak akses user.
Langkah awal adalah kita tentukan berapa banyak akses user, dalam contoh ini ada 2 : admin dan karyawan.
Untuk Admin,  tersedia menu seperti ini :


Sedangkan untuk kayawan :



Jika belum login atau logout :


Untuk mengkondisikan menu-menu seperti diatas dapat menggunakan contoh kode berikut :



Untuk mengkondisikan agar FormMenu dapat mengenali login kita maka,kita sedikit rubah konstruktor MainMenu dengan memberikan parameter :



Untuk memanggilnya kondisikan :


Sampai pada langkah ini tentu program anda akan terdapat banyak error, knapa ? karena ada perubahan konstruktor pada Form MainMenu yang sebelumnya sudah banyak di panggil pada Form lain. Untuk itu kita harus memiliki variable global yang mampu menampung dan mendeteksi kondisi login, dalam contoh ini saya akan menggunakan Kelas FormLogin untuk membuat variable global tersebut :


sehingga


Variable kondisiLogin inilah yang akan kita panggil ketika memanggil FormMain Menu dari Form yang lain, contoh ketika kita berada pada table barang, dan ingin back ke Menu utama, secara automatis sistem akan memeriksa parameter yang akan di berikan :


Untuk mendeteksi siapa saja yang Login dan Menyimpan ke dalam database transaksi.

Jika pada sebelumnya setiap ada transaksi(baik pengadaan maupun penjualan) usernya sudah kita tentukan, dan sekarang karena kita sudah punya data user maka agar tercatat user siapa yang login ke sistem perlu juga di deteksi dan disimpan kedalam database.



Variable userLogin= akan berisi username yang sukses login. Variable inilah yang akan kita manfaatkan untuk inputan jika melakukan transaksi.

Setelah itu kita ke kelas Pengadaan Barang :


Kita set pada bagian insertnya kita isikan "root"

Insert ke table pengadaan yang mula-mula kita set manual, sekarang kita isi dengan variable global userLogin bertipe static. Lakukan juga dengan cara yang sama untuk Kelas Penjualan Barang.

Semoga bermanfaat ya :)

1 komentar:

RIT mengatakan...

kak minta source codenya dong, lagi bingung nih mau menempatkan koding-nya

Posting Komentar